Rabu, 22 Oktober 2014

Banten

Hallo nama saya rifqy luqmannurrahmat asal saya dari tangerang provinsi banten nah kali ini kita akan mem bahas tentang budaya,makanan,dan ciri khas kota ku. yang pertama kita akan membahas yang namanya budaya di kota ku

budaya di kotaku yang paling banyak mengetahui adalah debus banten apa sih sebenernya debus banten itu??
nah debus banten itu ilmu bela diri dari banten nah pasti banyak orang yang berfikiran debus itu orang yang kuat orang yang sakti pastinya..nah kesenian ini itu ada di banten sejak abad ke-16, pada masa pemerintahan Sultan Maulana Hasanuddin (1532-1570). Pada zaman Sultan Ageng Tirtayasa (1651—1692) Debus menjadi sebuah alat untuk memompa semangat juang rakyat banten melawan penjajah Belanda pada masa itu. Kesenian Debus saat ini merupakan kombinasi antara seni tari dan suara
Kesenian Debus yang sering dipertontonkan di antaranya:
  • Menusuk perut dengan tombak atau senjata tajam lainnya tanpa terluka.
  • Mengiris bagian anggota tubuh dengan pisau atau golok.
  • Memakan api.
  • Menusukkan jarum kawat ke lidah, kulit pipi atau anggota tubuh lainnya hingga tebus tanpa mengeluarkan darah.
  • Menyiram tubuh dengan air keras hingga pakaian yang dikenakan hancur lumat namun kulit tetap utuh.
  • Menggoreng telur di atas kepala.
  • Membakar tubuh dengan api.
  • Menaiki atau menduduki susunan golok tajam.
  • Bergulingan di atas serpihan kaca atau beling
 sejara seni banten

Debus lebih dikenal sebagai kesenian asli masyarakat Banten, yang mungkin berkembang sejak abad ke-18. Menurut sebagian banyak sumber sejarah, kesenian debus Banten bermula pada abad 16 masa pemerintahan Sultan Maulana Hasanuddin (1532-1570) Debus mulai dikenal pada masyarakat Banten sebagai salah satu cara penyebaran agama Islam. Namun ada juga yang menyebutkan Debus berasal dari daerah Timur Tengah bernama Al-Madad yang diperkenalkan ke daerah Banten ini sebagai salah satu cara penyebaran Islam pada waktu itu. Yang lainnya menyebutkan bahwa debus berasal dari tarekat Rifa’iyah Nuruddin al-Raniri yang masuk ke Banten oleh para pengawal Cut Nyak Dien (1848—1908).

sekarang kita bahas makanan khas banten.
sebenernya makanan khas banten itu banyak sekali tapi yang paling saya favoritkan adalah makanan sate bandeng khas banten yang mungkin jarang di temukan di kota lain apa lagi di malang hehe.....
sate bandeng Mencicipi 5 Wisata Kuliner Khas Bantensebenernya ya makanan ini yang uniknya pasti ikannya di tusuk seperti sate dan rasanya lumayan enak sekali dan murah 25 ribu 1 tusuknya...jangan lupa ya kalau kebanten membelinya...ni saya kasi gambar supaya tidak penasaran








nah sekarang ciri khas daerah ku
sebenrnya ciri khas daerah ku gak neko-neko tetapi yang paling mendasar ciri khas daerahku itu dari cara bahasa seharian yang selalu menggunakan kata lu gw tidak ada yang make aku kamu seperti di malang ini.

nah mungkin itu aja yang dapat saya jelaskan tentang daerah ku o iya sebelum saya akhiri saya mau kasi tau saya liat informasi ini sebagian dari
http://id.wikipedia.org/wiki/Debus
http://www.gudangwisata.com/mencicipi-5-wisata-kuliner-khas-banten.html

makasi ya assalam mualaikum



Tidak ada komentar:

Posting Komentar